Selasa, 25 Februari 2014

5 KUNCI SUKSES BELAJAR MATEMATIKA DI RUMAH


Sebagian besar siswa mengatakan bahwa menguasai Matematika itu susah, mungkin termasuk Anda. Benarkah Matematika itu susah? Sebenarnya tidak ada pelajaran yang susah dikuasai, termasuk Matematika. Asal Anda tahu cara mempelajarinya, Matematia itu mudah. Bagaimana kunci sukses belajar Matematika? ikuti Penjelasannya di bawah ini.

1. Me-Review Pelajaran
    Buka dan Pelajari kembali materi yang telah anda terima dari guru Anda di sekolah, tentu setelah Anda makan siang dan beristirahat. Membuka kembali catatan sepulang sekolah merupakan cara efektif untuk mengingat dan memahami materi. Catat hal-hal yang kurang Anda pahami, terutama tentang rumus-rumus penting dan aplikasinya. Hal ini untuk memudahkan Anda menanyakan kepada guru atau teman kelompok belajar Anda.

2. Membuat Kumpulan Rumus dan Konsep Penting
    Buku saku masih menjadi bagian penting dari Proses mengingat. Catatlah rumus-rumus atau Konsep penting ke dalam buku saku. pastikan buku saku tersebut mudah Anda bawa ke mana-mana. Jangan sungkan membawa dan membaca buku saku Anda pada setiap kesempatan. Agar rumus itu tertanam kuat dalam pikiran Anda maka jangan sekedar menghafal rumus, tetapi usahakan untuk memahami rumus tersebut. Menghafal rumus hanya sekedar untuk "membuka" memori atau starp up dari konsep yang mendasari rumus tersebut.

3. Mengerjakan PR Segera Mungkin
    Jangan abaikan PR yang diberikan guru Anda. Gunakan waktu saat mereview pelajaran untuk mengerjakan PR. Bagaimana pun sewaktu pulang sekolah materi PR itu masih "hangat" dalam pikiran sehingga Anda lebih mudah mengerjakan PR tersebut. Coba kerjakan PR itu tanpa melihat contoh atau persamaan yang ada dalam buku catatan atau buku bacaan Matematika. Cara ini melatih Anda untuk mandiri dalam mengerjakan soal-soal Matematika.

4. Berlatih Mengerjakan Soal Sebanyak-banyaknya
    Jangan puas hanya mengerjakan PR, kerjakan soal Matematika sebanyak mungkin, tentu saja dalam materi yang sama. Jika Anda soal-soal Ujian Nasional coba kerjakan soal yang memuat materi yang sedang Anda pelajari. Perlu diingat, makin banyak anda mengerjakan soal latihan, semakin mahir Anda dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Belajar Matematika akan sangat efektif dengan latihan dan latihan.

5. Belajar Kelompok
    Banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari kegiatan belajar kelompok, di antaranya Anda bisa bertukar pikiran atau berdiskusi dalam menyelesaikan soal Matematika. Saat berdiskusi itulah Anda dapat lebih mematangkan pemahaman Anda tentang suatu konsep. Di sisi lain, Anda dapat mengasah keterampilan Anda dalam berkomunikasi, memahami dan menghargai pendapat teman, serta bersosialisasi.

Nah teman-teman berhasil atau tidaknya kita mengaplikasikan ke 5 konsep di atas itu tergantung kemampuan dan yang paling penting kemauan dari teman-teman sekalian, semoga informasi ini dapat bermanfaat... 

0 komentar:

Posting Komentar