Senin, 24 Februari 2014

Lebih Akrab Dengan Perguruan Tinggi


Siswa SMA/MA diproyeksikan untuk Melanjutkan ke perguruan tinggi. Kenyataannya, Sebagian Besar siswa lulusan SMA/MA tidak mempunyai cukup informasi mengenai jenis dan program-program yang ada di perguruan tinggi. Tidak heran,banyak lulusan SMA/MA mengalami kebingungan saat harus menentukan pilihan tempat kuliah. Agar anda tidak mengalami kebingungan, barangkali Informasi di bawah ini dapat memberi sedikit gambaran mengenai beberpa jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

1. Universitas
    perguruan tinggi jenis ini mempunyai program studi beragam yang dikelompokkan dalam beberapa fakultas. Fakultas-fakultas tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa jurusan. Contoh : Fakultas Ekonomi terdiri atas jurusan akuntansi, manajemen , dan Ekonomi Studi pembangunan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri atas jurusan ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Administrasi Negara, Sosiologi, dan Komuniasi Massa. Fakultas Ilmu Budaya terdiri atas Bahasa dan Sastra, Sejarah, Antropologi, Dan Arkeologi.

2. Institut
    jenis perguruan tinggi ini mempunyai Program studi dengan ilmu yang sejenis. institut yang ada di Indonesia antara lain Institut Kesenian, Institut Ilmu Pemerintahan, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
(IISIP), Dan Institut Seni.

3. Sekolah Tinggi
    Jenis perguruan tinggi ini hanya menyelenggarakan satu Program profesi sesuai dengan Spesialisasinya. Beberapa sekolah Tinggi di Indonesia antara lain Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain.

4. Akademik Dan Politeknik
     Institu pendidikan tinggi ini hanya menyelenggarakan satu program studi. perguruan tinggi ini lebih menekankan pada pemberian keterampilan kerja bagi Mahasiswanya agar mereka siap kerja setelah lulus. Lama pendidikan di akademi Atau Politeknik biasanya tiga tahun dan tidak memberi gelar. Contoh akademi di Indonesia anatara Lain Akademi Ilmu Perpustakaan, Akademi Akuntansi, Akademi Sekretaris, dan Akademi Keungan Dan Perbangkan.

Informasi di atas Mudah-mudahan berguna buat Anda dalam menentukan langkah untuk Meraih masa depan.

4 komentar:

  1. ya tawwwana, ada blog nya. kunjungi tongi tawwa ini blog he.. http://airhangusnsetrikakaratan.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. ada sebagian tentang gregenxi...

    BalasHapus