Rabu, 09 April 2014

Bahaya Tertawa Yang Berlebihan





Untukmu Saudaraku Yang Banyak Tertawa!
Abu Idris Al-Khaulani meriwayatkan dari Abu Dzar Al-Ghifari, ia berkata bahwa Rasulullah shalllahu 'alaihi wa sallam, bersabda : "Jauhilah olehmu banyak tertawa, sebab banyak tertawa itu dapat mematikan hati dan menghilangkan wibawa."
Diambil dari kitab Nasha-ihul 'ibad, Rasulullah shalllahu 'alaihi wa sallam, bersabda: "Barangsiapa banyak tertawa, maka dia akan disiksa dengan sepuluh macam siksaan, yaitu : hatinya mati, kehilangan wibawa, disenangi setan, tidak disukai Allah, akan menemui hisab yang berat (sulit) pada hari kiamat, Rasulullah saw. akan berpaling darinya pada hari kiamat, malaikat pada mengutuknya, penghuni langit dan bumi membenci dirinya, dia akan lupa segalanya, dan segala aibnya akan dibeberkan pada hari kiamat."
Lalu apakah kita dilarang untuk tertawa?
Abdullah bin al Harits radhiallahu ‘anhu mengatakan, ”Tertawanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam hanya sekedar senyum.” (HR. Tirmidzi).
Dalam Hadits yang lain yang diriwayatkan Aisyah RA isteri Nabi Muhammad SAW, bahwa dia berkata, “Saya tak pernah melihat Rasulullah SAW tertawa terbahak-bahak hingga kelihatan tenggorokan beliau, beliau biasanya hanya tersenyum.” (HR Bukhari-Muslim).

Maka pahamilah wahai, memperbanyak tertawa adalah sifat tercela sebagaimana
sabda Rasulullah:
"Demi Dzat yang diriku berada di tanganNya seandainya kalian mengetahui seperti apa yang aku ketahui, niscaya kalian pasti akan sedikit tertawa dan banyak menangis ".
Mari belajar menyempurnakan akhlaq kita sebagaimana Sunnah Rasulullah shalllahu 'alaihi wa sallam.

kunujungi juga artikel lainnya : sunnah sholat menghadap sutrah di sini

Artikel Oleh :  Muhammad Armansal
Twitter : @Muh_Armansal

3 komentar: